Header Ads

test

3 Agenda Besar Menurut SBY Menuju Indonesia Emas 2045

foto: bertha/GARASInews

Jakarta,GARASInews - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan ada tiga agenda besar dalam menyongsong Indonesia di tahun 2045. Agenda itu menyangkut soal ekonomi hingga peradaban.

"Soal ekonomi dan kesejahteraan ingat amanah konstitusi, amanah pendiri republik menjadi negara adil dan makmur," kata SBY di Auditorium Utama LIPI lantai 2, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (15/8/2017).

Isu pertama yang harus disikapi oleh pemerintah adalah bagaimana mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat. Menurut SBY, ekonomi Indonesia harus kuat dan berkeadilan.

"Ekonomi kita harus kuat, adil dan berkelanjutan," tuturnya.

Agenda kedua adalah soal demokrasi. Ruang berekspresi harus semakin dibuka namun tetap berlangsung tertib dan tidak anarkis.

"Agenda kedua demokrasi, kita sebetulnya kalau melihat perjalanan waktu terutama orde lama dan orde baru. Kita pelajari. Penggalan periode pemerintahan dulu. Ruang rakyat untuk berekspresi itu tidak cukup. Oleh karena itu, amanah reformasi 1998 mari kita bikin yang cukup. Itulah demokrasi," imbuhnya.

Dia menyadari bahwa demokrasi di Indonesia belum sepenuhnya baik. Konsolidasi demokrasi menurutnya masih perlu dikuatkan.

"Demokrasi harus kuat stabil dan berkualitas. Demokrasi belum sempurna. Belum full consolidated. Dan tidak mudah. Tidak seperti membalikkan telapakan tangan," ujarnya.

Terakhir, SBY mengungkapkan peradaban bangsa yang maju dan berkarakter merupakan sesuatu yang sangat penting. Peradaban ini yang nantinya akan menjadikan Indonesia tahan banting walau harus mengalami krisis.

"Agenda ketiga, civilization. Peradaban bangsa yang maju dan berkarakter. Kalau kita punya something peradaban situasi seperti itu tidak perlu cemas kalau sekali-kali ada shock, crisis baik karena faktor internal ataupun eksternal. Kita akan survive dan akan terus maju ke depan," terangnya.

SUMBER: WWW.GARASIGAMING.COM

Tidak ada komentar