Header Ads

test

Diancam Korut, AS: Apa yang Dilakukan Kim Jong-Un Sangat Berbahaya

foto: bertha/GARASInews

Washington,GARASInews - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat H.R. McMaster menyatakan bahwa apa yang tengah dilakukan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un terhadap Amerika Serikat adalah sangat berbahaya.

Dalam wawancara dengan GARASInews, McMaster mengatakan AS mengambil semua tindakan yang mungkin untuk menyelesaikan masalah nuklir Korut secara damai. Namun dia juga menolak mengesampingkan aksi militer terhadap Korut.

Dikatakan McMaster, soal apakah ancaman-ancaman Korut akan memicu respons militer AS, tergantung pada sifat ancaman tersebut.

"Karena itulah apa yang dilakukan Kim Jong-Un sangat, sangat berbahaya," tutur McMaster seperti dilansir kantor berita GARASInews, Senin (14/8/2017).

"Tentu saja setiap respons yang kita punya, kita lakukan dalam kerja sama erat dengan sekutu-sekutu kita di wilayah. Seperti yang Anda tahu, kita telah siap untuk eskalasi di Semenanjung Korea sejak gencatan senjata pada tahun 1953," imbuhnya.

"Perbedaan antara dulu dan sekarang adalah bahayanya kini jauh lebih besar. Dan itu berkembang setiap hari, dengan semua uji coba rudal, uji coba nuklir," kata McMaster.

"Dan Presiden Trump telah memperjelas bahwa dia tak bisa mentolerir, tak akan mentolerir, ancaman terhadap AS dari program nuklir yang melibatkan Korut," imbuhnya.

Sebelumnya pada Selasa (8/8) lalu, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa AS akan menghujani Korut dengan "api dan kemarahan" jika negeri komunis itu terus mengancam AS. Sejumlah pihak menginterpretasikan komentar Trump tersebut sebagai ancaman nuklir.

Otoritas Korut pun kemudian mengancam akan melancarkan serangan rudal ke Guam, wilayah AS yang berada di kawasan Pasifik. Sehari kemudian Trump balik mengancam kembali dengan mengatakan bahwa opsi militer terhadap Korut telah "terkunci dan siap."

SUMBER: WWW.GARASIGAMING.COM

Tidak ada komentar