Header Ads

test

NasDem, Hanura, PPP dan PKB Jajaki Koalisi di Pilgub Jabar

foto: bertha/GARASInews

Bandung,GARASInews - Partai NasDem, Hanura, PPP dan PKB mulai serius membangun koalisi menghadapi Pilgub Jabar 2018. Hari ini (11/8/2017), pengurus empat partai di tingkat Jawa Barat itu bertemu membahas koalisi.

Pada pertemuan yang digelar di Hotel Papandayan, Jalam Gatot Subroto, tersebut, hadir Ketua DPD Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mutopa, Ketua DPD Hanura Jawa Barat Aceng Fikri, Wakil Sekretaris PKB Jabar Maulana Yusuf, perwakilan PPP Jabar dan petinggi partai lainnya di tingkat daerah.

Ketua DPD Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa menjelaskan pertemuan ini merupakan bentuk keseriusan dari empat partai untuk membentuk koalisi. Namun belum ada kesepakatan resmi, semuanya masih dalam proses penjajakan.

"Ini pertemuan pertama (yang dilakukan empat partai). Kita ingin coba bangun PKB, PPP, NasDem dan Hanura untuk kebersamaan di Pilkada Gubernur dan juga untuk daerah-daerah yang ada di Jabar yang ikut Pilkada," kata Saan, saat ditemui GARASInews di Hotel Papandayan.

Saan mengungkapkan telah ada kecocokan dari masing-masing partai untuk berkoalisi. Tapi perlu pembahasan lanjutan mulai dari tingkat daerah sampai ke tingkat DPP partai. Selain itu pihaknya juga sedang menyiapkan format atau skema koalisi dengan tiga partai lainnya.

"Kita (lagi) bicarain skema. Formatnya di Jabar gimana, nanti di daerah gimana. Kita buat skemanya dari provinsi kita cocokkan dulu figurnya (yang akan diusung)," ujar Saan.

Ditanya soal persentase koalisi ini akan terjadi, Saan menyatakan saat ini tak bisa dijawab. Semua partai masih akan terus mencocokan konsep serta visi misi pembangunan bila koalisi ini jadi dibentuk.

"Hatinya mau kita cocokan dulu laah. Tapi Insya Allah kalau kita niatnya sama-sama ingin membuat Jabar lebih baik, masing-masing partai ini insya Allah bisa ketemu (koalisi)," ucapnya.

Di lokasi yang sama, Ketua DPD Hanura Jabar Aceng Fikri mengungkapkan pertemuan ini menjadi momentum untuk membangun kebersamaan. Saat ini semuanya masih masa penjajakan dan terus melakukan pemetaan politik jelang Pilgub Jabar ini.

"Ini momentum kita hari ini bagaimana membangun komunikasi politik di mana menghadapi perhelatan 2018. Ini masih dalam taraf penjajakan dan mudah-mudahan ini menjadi kekuatan baru di samping blok yang lain," ucapnya.

Sementara Wakil Sekretaris PKB Jabar Maulana Yusuf mengaku masih melakukan konsolidasi internal untuk menghadapi Pilgub Jabar. "Jadi kita masih digodok di DPP PKB dipimpin langsung sama Ketua Umum Muhaimin Iskandar," katanya.

Dia menyatakan partainya tidak hanya membangun komunikasi dengan PPP, NasDem dan Hanura. Tapi juga membuka komunikasi dengan partai lainnya. "Kita masih membuka (komunikasi) dengan partai manapun. Melihat kecocokan. Tapi sampai saat ini makanya kita bersedia datang (dalam pertemuan) karena ada sedikit ada kesamaan," tandasnya.

SUMBER: WWW.GARASIGAMING.COM

Tidak ada komentar